NURUL MUFLIHA A. PUANGOLO (2024) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN INPRES 2 TALISE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan motivasi belajar siswa
menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran IPA di
kelas IV SDN Inpres 2 Talise. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian
tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah kelas IV A dengan jumlah
peserta didik 18 orang, jumlah laki-laki 9 orang dan jumlah perempuan 9 orang.
Dalam pengumpulan data, metode yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes
yang berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dan
pembahasan dari penelitian ini diketahui bahwa rata-rata observasi motivasi siswa
kelas IV A pada siklus I sebesar 60,64% pada siklus II sebesar 74,07% sehingga
menunjukan angka kenaikan sebesar 13,43?ri siklus I ke siklus II. Presentase
rata-rata angket motivasi belajar pada siklus I sebesar 63% pada siklus II sebesar
75% sehingga menunjukan angka kenaikan sebesar 12%. Untuk motivasi belajar
siswa pada siklus I kriteria taraf keberhasilan tergolong pada tingkat sedang yang
dimana pada indikator motivasi belajar masih nampak sedang. Sedangkan pada
siklus II motivasi belajar begitu nampak terlihat tinggi yang dimana pada setiap
indikator baik.
Kata Kunci : Motivasi, Model Discovery Learning
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/120210 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |