MENINGKATKAN PENERAPAN NILAI MORAL ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELOMPOK B TK PKK WATUSAMPU

CHINDRA ACHMADI (2020) MENINGKATKAN PENERAPAN NILAI MORAL ANAK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI KELOMPOK B TK PKK WATUSAMPU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Chindra Achmadi. (2019). Meningkatkan Penerapan Nilai Moral Anak melalui Metode Demonstrasi di Kelompok B TK PKK Watusampu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) I Putu Suwika, Pembimbing (II) I Amrullah

Masalah dalam penelitian adalah penerapan nilai moral anak belum berkembang sesuai harapan. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan nilai moral anak melalui metode demonstrasi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setting penelitian ini dilaksanakan di Kelompok B TK PKK Watusampu, subjeknya berjumlah 22 orang anak, yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data melalui observasi, pemberian tugas dan dokumentasi. Jenis data adalah data kualitatif yang dianalisis melalui teknik persentase. Data pra tindakan membuang sampah pada tempatnya terdapat 1 anak (5%) kategori BSB, 2 anak (9%) kategori BSH, 4 anak (18%) kategori MB, dan 15 anak (68%) kategori BB. Memperagakan menyikat gigi terdapat 2 anak (9%) kategori BSB, 2 anak (9%) kategori BSH, 3 anak (14%) kategori MB, dan 15 anak (68%) kategori BB. Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan terdapat 2 anak (9%) kategori BSB, 3 anak (14%) kategori BSH, 2 anak (9%) kategori MB, dan 15 anak (68%) kategori BB. Setelah dilakukan tindakan, dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan penerapan nilai moral anak. Terbukti adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Membuang sampah pada tempatnya kategori BSB, BSH dan MB dari 45% meningkat menjadi 91% (46%). Memperagakan menyikat gigi kategori BSB, BSH dan MB dari 45% meningkat menjadi 91% (46%). Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan kategori BSB, BSH dan MB dari 45% meningkat menjadi 91% (46%). Sehingga terjadi rata-rata peningkatan 46% kategori BSB, BSH dan MB, meskipun masih ada 9% kategori BB atau belum meningkat penerapan nilai moralnya.

Kata Kunci: Nilai Moral, Metode Demonstrasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/120296
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item