MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE PADA SISWA KELAS X IPS 1 DI SMAN 2 PALU

AISYAH (2023) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE PADA SISWA KELAS X IPS 1 DI SMAN 2 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE PADA SISWA KELAS IPS 1 SMA N 2 PALU

Oleh

Aisyah
A31119058

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sering munculnya kebosanan siswa saat pembelajaran Sejarah yang dikarenakan tidak adanya variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru mata pelajaran. Jika hal ini terus terjadi, maka akan berdampak pada penurunan prestasi belajar Sejarah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah adanya tindakan untuk menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Inside- Outside Circle dalam pembelajaran Sejarah di kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Palu. Pelaksanaan penelitian penerapan pembelajaran kooperatif tipe Inside- Outside Circle di SMA Negeri 2 Palu selama lebih kurang satu bulan. Selama penelitian penerapan pembelajaran kooperatif tipe Inside- Outside Circle, peneliti menemukan berbagai kendala, namun kendala-kendala tersebut dapat segera teratasi. Penelitian ini dibagi menjadi dua Siklus. Tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa selama pelaksanaan tindakan. Setiap Siklus terbagi menjadi dua bagian terdiri dari pre-test yang tujuannya untuk mengetahui kemampuan awal siswa, dan post-test yang tujuannya mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Inside- Outside Circle dalam pembelajaran Sejarah.

Rata-rata nilai siswa untuk pre-test Siklus I adalah sebesar 43,87. Sedangkan rata-rata nilai post-test Siklus I sebesar 68,06. Pada Siklus II terdapat peningkatan prestasi sebesar 76, 45. Pada tindakan post-test II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan Nilai tersebut sudah mencapai KKM yang berlaku yaitu 70,00.

Kata kunci: Pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle, SMA N 2 Palu pre test dan post test. Peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/120344
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item