Menumbuhkan Motivasi Entrepreneurship Dengan Menggunakan Layanan Bimbingan Karir Berbasis Media Kartu Karir Bagi Siswa Di SMK Negeri 3 Palu

M.ARFANDI (2023) Menumbuhkan Motivasi Entrepreneurship Dengan Menggunakan Layanan Bimbingan Karir Berbasis Media Kartu Karir Bagi Siswa Di SMK Negeri 3 Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

M.Arfandi, 2022. Menumbuhkan Motivasi Entrepreneurship dengan
Menggunakan Layanan Bimbingan Karir berbasis media kartu karir Bagi
Siswa di SMK Negeri 3 Palu, Program Studi Bimbingan dan Konseling,
Jurusan Ilmu Pendidikan,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Mardi Lestari, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektifitas bimbingan karir
dalam menumbuhkan motivasi entrepreneurship bagi siswa di sekolah menegah
kejuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi
eksperimental yang berbentuk Nonequivalent Control Group Design terhadap
siswa kelas XI SMK Negeri 3 Palu yang di bagi menjadi dua kelompok, yaitu 10
siswa didalam kelompok eksperimen dan 10 siswa didalam kelompok kontrol.
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji mann-whitney. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa motivasi entrepreneurship siswa lebih tinggi setelah
diberikanlayanan bimbingan karir disertai dengan kartu karir. Hal ini dibuktikan
dari hasil analisis menggunakan perhitungan mann-whitney diketahui bahwa
terdapat perbedaan hasil tes akhir motivasi entrepreneurship siswa yang mendapat
bimbingan karir saja dengan siswa yang mendapat bimbingan karir disertai
dengan kartu karir. Rata-rata skor hasil tes awal pre-test motivasi
entrepreneurship siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki
selisih 6,7, dimana rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 86,3 dan
kelompok kontrol 93. Setelah diberi perlakuan pada kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol, skor rata-rata post-test motivasi entrepreneurship siswa
kelompok eksperimen yang mendapat bimbingan karir disertai dengan pemberian
kartu karir lebih tinggi dari pada rata-rata hasil post-test siswa kelompok kontrol
yang mendapat bimbingan karir saja, selisih dari rata-rata kedua kelompok adalah
12,5, dimana rata-rata skor post-test kelompok eksperimen 135 dan kelompok
kontrol 122,5. Perbedaan rata-rata skor post-test inilah yang menunjukkan bahwa
bimbingan karir disertai dengan pemberian media kartu karir lebih efektif untuk
menumbuhkan motivasi entrepreneurship siswa.

Kata Kunci: Motivasi Entrepreneurship,Bimbingan Karir, Kartu Karir

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/120370
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item