Modal Sosial Nelayan Dalam Meningkatkan Pendidikan Anak Didesa Palasa Lambori Kecamatan Palasa Kabupaten Parigi Moutong

MOH. RAHMAT (2025) Modal Sosial Nelayan Dalam Meningkatkan Pendidikan Anak Didesa Palasa Lambori Kecamatan Palasa Kabupaten Parigi Moutong. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Moh Rahmat B20 119 164 “ Modal Sosial Nelayan Dalam Meningkatkan
Pendidikan Anak Di Desa Palasa Lambori Kecamatan Palasa Kabupaten Parigi
Moutong”. dibimbing oleh Hadisuddin Bolong dan Moh Saleh.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Modal
Sosial Nelayan Dalam Meningkatkan Pendidikan anak Di Desa Palasa Lambori
Kecamatan Palasa Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini dilaksanakan dengan
mengunakan metode Penelitiam kualitatif dengan tipe penelitian deskirptif. dalam
proses penelitian ini peneliti juga mengunakan teknik pengumpulan data berupa
obserfasi, wawancara, dan dokumentasi, Informan dalam penelitian ini sebanyak 5
orang Neleyan yang sudah berkerja sebagai nelayan antara 20 sampai 50 tahun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran modal sosial yaitu hubungan
sosial, jaringan solidaritas, dan kepercayaan yang ada dalam komunitas nelayan dalam
meningkatkan pendidikan anak-anak mereka. Modal sosial yang terbangun melalui
ikatan kekeluargaan, organisasi masyarakat, dan kolaborasi antar nelayan memiliki
potensi untuk mendukung pendidikan anak, baik secara langsung maupun tidak
langsung. Jaringan sosial ini dapat menyediakan akses informasi, sumber daya, serta
peluang untuk mendukung pendidikan anak-anak nelayan di Desa Palasa Lambori,
seperti beasiswa,dan program pelatihan keterampilan. Meskipun ada keterbatasan
ekonomi, modal sosial yang kuat di dalam komunitas nelayan dapat memfasilitasi
peningkatan kualitas pendidikan anak-anak mereka. Komunitas yang saling
mendukung cenderung lebih berhasil menciptakan lingkungan yang kondusif untuk
belajar, dengan adanya kerjasama dalam pengadaan alat sekolah, penyediaan
bimbingan belajar, serta kolaborasi dengan lembaga pendidikan lokal. Secara
keseluruhan, modal sosial terbukti memiliki peran penting dalam mengatasi tantangan
pendidikan yang dihadapi oleh masyarakat nelayan. Oleh karena itu, pengembangan
dan pemberdayaan modal sosial dalam komunitas nelayan menjadi langkah strategis
dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak mereka, yang pada gilirannya
dapat membuka peluang lebih luas untuk kesejahteraan sosial dan ekonomi di masa
depan.
Kata Kunci: Modal Sosial, jaringan sosial, Pendidikan.
iv

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Sosiologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/120500
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item