MOH. RAHMAT (2025) Modal Sosial Nelayan Dalam Meningkatkan Pendidikan Anak Didesa Palasa Lambori Kecamatan Palasa Kabupaten Parigi Moutong. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Moh Rahmat B20 119 164 “ Modal Sosial Nelayan Dalam Meningkatkan 
Pendidikan Anak Di Desa Palasa Lambori Kecamatan Palasa Kabupaten Parigi 
Moutongâ€. dibimbing oleh Hadisuddin Bolong dan Moh Saleh.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Modal 
Sosial Nelayan Dalam Meningkatkan Pendidikan anak Di Desa Palasa Lambori 
Kecamatan Palasa Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini dilaksanakan dengan 
mengunakan metode Penelitiam kualitatif dengan tipe penelitian deskirptif. dalam 
proses penelitian ini peneliti juga mengunakan teknik pengumpulan data berupa 
obserfasi, wawancara, dan dokumentasi, Informan dalam penelitian ini sebanyak 5 
orang Neleyan yang sudah berkerja sebagai nelayan antara 20 sampai 50 tahun.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran modal sosial yaitu hubungan 
sosial, jaringan solidaritas, dan kepercayaan yang ada dalam komunitas nelayan dalam 
meningkatkan pendidikan anak-anak mereka. Modal sosial yang terbangun melalui 
ikatan kekeluargaan, organisasi masyarakat, dan kolaborasi antar nelayan memiliki 
potensi untuk mendukung pendidikan anak, baik secara langsung maupun tidak 
langsung. Jaringan sosial ini dapat menyediakan akses informasi, sumber daya, serta 
peluang untuk mendukung pendidikan anak-anak nelayan di Desa Palasa Lambori, 
seperti beasiswa,dan program pelatihan keterampilan. Meskipun ada keterbatasan 
ekonomi, modal sosial yang kuat di dalam komunitas nelayan dapat memfasilitasi 
peningkatan kualitas pendidikan anak-anak mereka. Komunitas yang saling 
mendukung cenderung lebih berhasil menciptakan lingkungan yang kondusif untuk 
belajar, dengan adanya kerjasama dalam pengadaan alat sekolah, penyediaan 
bimbingan belajar, serta kolaborasi dengan lembaga pendidikan lokal. Secara 
keseluruhan, modal sosial terbukti memiliki peran penting dalam mengatasi tantangan 
pendidikan yang dihadapi oleh masyarakat nelayan. Oleh karena itu, pengembangan 
dan pemberdayaan modal sosial dalam komunitas nelayan menjadi langkah strategis 
dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak mereka, yang pada gilirannya 
dapat membuka peluang lebih luas untuk kesejahteraan sosial dan ekonomi di masa 
depan.
Kata Kunci: Modal Sosial, jaringan sosial, Pendidikan.
iv
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Commentary on: | Eprints 0 not found. | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Sosiologi | 
| SWORD Depositor: | Users 0 not found. | 
| Depositing User: | Users 0 not found. | 
| Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 | 
| Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 | 
| URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/120500 | 
| Baca Full Text: | Baca Sekarang | 

