MODEL KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) KOTA PALU

JAMALUDDIN M. ARIF (2023) MODEL KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) KOTA PALU. Doktoral thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jamaluddin M. Arif, B10320002. Model Komunikasi Pembelajaran
Daring masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Kejuruan Kota Palu.
Disertasi ini (dibawah bimbingan Muhammad Khairil dan Ilyas Lampe).
Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui dan menganalisis konseptualisasi
Pembelajaran daring pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Palu, 2)
Mengetahui dan menganalisis tentang model komunikasi dalam pembelajaran
daring di Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Palu, dan 3) Mengetahui dan
menganalisis Pola pembelajaran daring apakah yang di harapkan siswa Sekolah
Menengah Kejuruan Kota Palu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan
menggunakan pendekatan studi kasus. Unit analisis pada penelitian ini adalah
SMK Negeri 2 Palu dan SMK Negeri 5 Palu. Informan penelitian ini adalah kepala
sekolah, pengurus komite, orang tua/wali, guru dan siswa. Pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa, pertama; konseptualisasi pembelajaran daring
mengacu pada surat edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan No 4 tahun
2020 tentang pelaksanaan kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran
Coronavirus Disease (Covid-19), bahwa proses pembelajaran dilaksanakan secara
daring. Kedua, model komunikasi dalam pembelajaran daring dominan satu arah
dengan skema adanya regulasi dari Pemerintah tentang pembelajaran daring secara
teknis di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dilaksanakan oleh guru dan
siswa dengan menggunakan aplikasi online yakni melalui whatsapp, cloud-x,
zoom, google classroom, google meet dengan tujuan siswa tetap aktif belajar dan
menerima materi pembelajaran meskipun dalam situasi pandemi. Ketiga, pola
pembelajaran daring yang diharapkan siswa adalah yang bervariasi,
menyenangkan, menggembirakan dan menarik, yakni adanya selingan dalam
proses pembelajaran daring dalam bentuk game, sehingga siswa memiliki semangat
untuk tetap fokus belajar.
Kata Kunci: Model Komunikasi, Pembelajaran Daring, Masa Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Doktoral)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Doktoral Ilmu Sosial
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/120538
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item