Motif Pendengar Radio Di Era Perkembangan Teknologi Informasi (Studi Kepuasan Penggunaan Media Pada Remaja Di Desa Pombewe)

RISKIAWAN (2022) Motif Pendengar Radio Di Era Perkembangan Teknologi Informasi (Studi Kepuasan Penggunaan Media Pada Remaja Di Desa Pombewe). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Riskiawan, B50117068, Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Broadcasting Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Hasil Motif Pendengar Radio di Era Perkembangan Teknologi Informasi (Studi Kepuasan Penggunaan Media Pada Remaja di Desa Pombewe) Dibawah Bimbingan Ibu Andi Akifah Sebagai Pembimbing I Dan Ibu Citra Antasari Sebagai Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif dari remaja di Desa Pombewe mendengarkan radio di era disrupsi ini sebagai studi kepuasan penggunaan media. Dalam penelitian ini memiliki motif informasi (X1), motif identitas pribadi (X2), motif Integrasi dan interaksi sosial (X3), motif hiburan (X4) dan kepuasan (Y).
Penelitian ini diadakan tepatnya di Desa Pombewe Kabupaten Sigi Biromaru. Adapun sampel penelitian di tentukan dengan cluster area sampling dengan menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel yakni delapan puluh sembilan responden. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya disajikan dalam bentuk tabel frekuensi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan uji T dan uji F. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif.
Dalam penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification. Teori ini memiliki konsep mengukur kepuasan yang disebut Gratification Sought merupakan kepuasan yang ingin diperoleh dan Gratification Obtained merupakan kepuasan yang diperoleh melalui motif informasi, motif identitas pribadi, motif Integrasi dan interaksi sosial, dan motif hiburan.
Hasil analisis memperoleh tingkat kepuasan terhadap motif hiburan memiliki pengaruh paling besar dan signifikan, motif integrasi dan interaksi sosial, motif informasi, dan motif identitas pribadi juga memiliki pengaruh dan signifikan. Sehingga menunjukkan bahwa motif mempengaruhi kepuasan yang diinginkan pendengar.

Kata Kunci : Motif, Kepuasan Penggunaan Media, Uses and Gratification

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/120636
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item