ELDA SAFIRA (2022) MOTIVASI BELAJAR ANAK PASCA BENCANA ALAM DI TK MAPAGA INDAH DESA LABEAN KECAMATAN BALAESANG KABUPATEN DONGGALA ( Studi Kasus ). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Elda Safira (2021) Motivasi Belajar Anak Pasca Bencana Alam Di TK
Mapaga Indah Desa Labean Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala
(Studi Kasus) Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Andi Agusniatih.
7
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus terhadap tiga orang
anak sebagai objeknya dengan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan
untuk menggambarkan bagaimana motivasi belajar anak pasca bencana
alam gempa tsunami yang berfokus pada tinggi rendahnya motivasi
belajar anak di TK Mapaga Indah Desa Labean Kecamatan Balaesang
Kabupaten Donggala. Dengan melihat berbagai aspek seperti
Ketekunan,rasa senang dan prestasi anak saat belajar. Yang mana
diketahui bahwa motivasi belajar terbagi atas dua bagian yaitu motivasi
intrinsik atau motivasi yang berasal dari dalam diri dan entrinsik motivasi
yang berasal dari luar diri atau lingkungan. Pada umunya bencana alam
gempa dan tsunami yang terjadi di suatu daerah mengakibatkan kerugian
dan menyisakan trauma yang mendalam,apalagi terhadap anak-anak usia
prasekolah.
Penelitian ini mengambil tiga orang anak yang menjadi subjek
penelitian dan mengambil lima orang responden diantaranya yaitu: tiga
orangtua dari masing-masing anak dan dua orang guru atau pendidik.
Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Teknik
wawancara,observasi dan Teknik dokumentasi. Analisis data yang
digunakan pada penelitian ini bersifat deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tiga orang anak yang
menjadi subjek dalam penelitian ini sama sekali tidak menunjukan adanya
dampak negatif dari bencana alam gempa dan tsunami terhadap motivasi
belajar mereka hal tersebut dibuktikan melalui adanya aspek-aspek yang
menonjol pada saat pengamatan berlangsung sehingga dapat dikatakan
anak tersebut memilki motivasi belajar yang tinggi atau meningkat setelah
bencna alam, hal tersebut juga di dukung oleh pemaparan wawancara dari
pihak pendidik yang menyatakan sebelum dan sesudah terjadinya bencana
gempa dan tsunami anak-anak tersebut masih memiliki motivasi belajar
yang sama atau dapat dikatakan memiliki motivasi belajar yang tinggi. Hal
tersebut juga dapat dibuktikan melalui catatan wawancara ,observasi dan
dokumentasi kepada semua pihak terkait.
Kata Kunci : Tingginya Motivasi belajar, Intrinsik/entrinsik, bencana alam,
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/120645 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |