NILAI EDUKASI DALAM AUTOBIOGRAFI “MELAWAN TAKDIR” KARYA HAMDAN JUHANNIS

NURLIA (2021) NILAI EDUKASI DALAM AUTOBIOGRAFI “MELAWAN TAKDIR” KARYA HAMDAN JUHANNIS. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurlia, 2021. Nilai Edukasi dalam Autobiografi Melawan Takdir Karya Hamdan
Juhannis. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan
Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas
Tadulako. Pembimbing Pratama Bayu Santosa.
Kata Kunci : Nilai Edukasi, Autobiografi.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai edukasi
yang terdapat dalam autobiografi Melawan Takdir Karya Hamdan Juhannis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana nilai
edukasi yang ada dalam autobiografi Melawan Takdir Karya Hamdan Juhannis.
Manfaat dari penelitian ini yaitu diharapkan dapat memberikan sumbangan
perkembangan ilmu sastra, dapat memberikan masukan untuk dapat menciptakan
karya sastra yang lebih baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang
menggunakan metode deskriptif dengan fokus penelitian nilai edukasi dalam teks
autobiografi Melawan Takdir Karya Hamdan Juhannis. Teknik pengumpulan data
meliputi (1) membaca keseluruhan autobiografi Melawan Takdir Karya Hamdan
Juhannis secara berulang-ulang, (2) mengidentifikasi bagian-bagian cerita yang
berhubungan dengan nilai edukasi, (3) menandai teks yang berhubungan dengan
nilai edukasi, (4) mencatat data yang diduga sebagai bahan kajian. Teknik analisis
data meliputi (1) mengidentifikasi data yang telah dikumpulkan, (2)
mengklasifikasikan atau mengelompokkan data sesuai dengan masalah penelitian,
(3) mendeskripsikan data sesuai dengan klasifikasi data, (4) menyimpulkan hasil
penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan
bahwa terdapat empat nilai edukasi dalam autobiografi Melawan Takdir Karya
Hamdan Juhannis, yaitu: (1) nilai edukasi/pendidikan agama, (2) nilai
edukasi/pendidikan moral, (3) nilai edukasi/pendidikan sosial, dan (4) nilai
edukasi/pendidikan budi pekerti dan kesusilaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/120790
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item