MUHAMMAD TAUFIK (2023) OPINI KEPALA SEKOLAH DAN GURU KOMITE PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH SDN INPRES SILAE DAN SDN 6 PALU TERKAIT IMPLEMENTASI SEKOLAH PENGGERAK. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Muhammad Taufik, 2023. Opini Kepala Sekolah Dan Guru Komite Terhadap
Implementasi Kurikulum Sekolah Penggerak Di SDN Inpres Silae Dan SDN 6 Palu.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, Jurusan Ilmu
Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing Andi Sultan Brilin.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang diintepretasikan
dengan cara deskripsi, yang menyajikan data hasil penelitian berupa rangkaian kata-
kata. Teknik pengumpulan data dalam bentuk wawancara mendalam guna
memperoleh data yang jelas mengenai fokus permasalahan. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Total Sampling yaitu guru dan
Kepala Sekolah SDN Inpres Silae Dan SDN 6 Palu yang berjumlah 8 guru dan 2
Kepala Sekolah dari masing-masing sekolah, sehingga sampel yang digunakan
berjumlah 10 sampel.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa
Opini kepala sekolah dan guru komite dalam kurikulum sekolah penggerak di SDN
Inpres Silae dan SDN 6 Palu Terkait Implementasi Sekolah Penggerak Kurikulum ini
dibuat untuk menghasilkan pengajaran di Indonesia sebagai negara maju dimana
tujuan dari kurikulum ini untuk memperdalam potensi siswa, karena Kurikulum ini
dibuat sederhana dan fleksibel untuk memperdalam pelajaran dan memperluas
potensi peserta didik, sehingga pelaksanaan pembelajaran kurikulum sekolah
pengerak di SDN Inpres Silae Dan SDN 6 Palu sudah berjalan dengan baik dan kedua
sekolah tersebut sudah menguasai kurikulum sekolah pengerak, Adapun kendala yang
dialami dalam Implementasi Kurikulum sekolah penggerak ini Pertama, terbatasnya
sarana dan prasarana yang di sekolah sehingga akan menghambat proses
pembelajaran, Kedua, penilaian pada Kurikulum yang masih membingungkan guru
sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Ketiga sumber belajar buku , guru
menggunakan bantuan lain agar pembelajaran tetap berlangsung secara efektif.
Kata Kunci : Opini, Kurikulum Sekolah Penggerak
V
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/120889 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |