Optimalisasi Media Sosial Instagram Mayangsari Dan Pempek Kito 18 Sebagai Media Pemasaran

ANNISA MUHARDHANI (2023) Optimalisasi Media Sosial Instagram Mayangsari Dan Pempek Kito 18 Sebagai Media Pemasaran. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Annisa Muhardhani (B 501 18 001) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako konsentrasi Public Relations. Skripsi “Optimalisasi Media Sosial Instagram Mayangsari dan Pempek Kito 18 sebagai Media Pemasaran” dibimbing oleh Andi Akifah dan Citra Antasari.
Penelitian ini untuk mengetahui optimalisasi media sosial instagram sebagai media pemasaran pada UMKM kuliner tradisional nusantara dalam persaingan dengan usaha kuliner modern. Metode penelitian tersebut menggunakan metode kualitatif, dengan penggunaan teknik purposive sampling serta menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Objek yang diteliti yaitu semua yang terkait dengan instagram sebagai media pemasaran pada UMKM kuliner tradisional yaitu penggunaan instagram sendiri bagi pelaku bisnis usaha kuliner dalam menarik pelanggan di media sosial. teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian informan dalam penelitian ini terdiri 4 orang yaitu masing 2 pemilik atau pengelola usaha kuliner dan 2 pelanggan outlet produk kuliner tersebut.

Dari hasil penelitian ini keduanya usaha kuliner sangat konsisten dalam memublikasikan infomasi terkait bisnis kuliner mereka, baik bertujuan untuk memberitahukan adanya ketersediaan produk atau pun hal lain sebagainya yang berkaitan yang masih dengan informasi produk. Kemudian dari segi penggunaan fitur ketiga usaha kuliner tersebut hampir menggunakan semua fitur yang ada di media sosial instagram, baik dalam berkonten produk. Ataupun memanfaatkan jasa konten dari foodvlogger. Namun hasil yang didapatkan peneliti kedua usaha kuliner tradisional telah melakukan kegiatan bersposor atau konten beriklan di instagram. Namun Mayangsari sendiri sudah lama berhenti melakukan sponsor atau beriklan setelah 5 tahun lamanya telah memasarkan produk kulinernya.

Kata Kunci : Pemasaran, Instagram, Kuliner Tradisional, UMKM

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/120927
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item