OPTIMALISASI PENGAWASAN OMBUDSMAN PERWAKILAN SULAWESI TENGAH DALAM PELAYANAN PUBLIK BIDANG PENDIDIKAN DI KOTA PALU

ANDI DEWI NURHALISA (2022) OPTIMALISASI PENGAWASAN OMBUDSMAN PERWAKILAN SULAWESI TENGAH DALAM PELAYANAN PUBLIK BIDANG PENDIDIKAN DI KOTA PALU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
ANDI DEWI NURHALISA, D 102 19 002 , Optimalisasi Pengawasan Ombudsman dalam Pelayanan Publik bidang Pendidikan di Kota Palu (dibimbing oleh Bapak Dr. H. Idham Chalid SH, MH dan Bapak Dr. Rahmat Bakri SH, MH )
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Fungsi Ombudsman dalam mengawasi Pelayanan Publik bidang Pendidikan di Kota Palu dan untuk mengetahui tindak lanjut Rekomendasi Ombudsman dalam upaya peningkatan Pelayanan Publik di Kota Palu. Data penelitian yang digunakan adalah kualitatif kemudian disajikan secara deskriptif, yaitu dengan mengurai, menjelaskan, dan menggambarkan sesuai dengan permasalahan yang erat dengan penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah dengan mewawancarai Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah dalam mengawasi pelayanan publik bidang Pendidikan di Kota Palu yaitu melakukan (1) Upaya pencegahan maladministrasi di bidang pendidikan berupa pemberdayaan masyarakat melalui bentuk sosialisasi, talk show, dialog interaktif, sarasehan, kuliah umum dan lainnya serta melakukan kegiatan investigasi. (2). Pelaksanaan fungsi pengawasan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah dalam mengawasi Pelayanan Publik bidang Pendidikan di Kota Palu melalui kegiatan maupun aktifitas rutin yaitu sidak, reaksi cepat ,dan hak Inisiatif . Dan tindak lanjut rekomendasi Ombudsman dalam upaya peningkatan pelayanan publik bidang Pendidikan di Kota Palu yang bertujuan untuk memberikan kepastian terhadap status laporan yaitu ada beberapa klasifikasi berupa (1) Tidak memenuhi syarat formil, (2) Pelapor mencabut laporan, (3) Tidak berwenang, (4) Klarifikasi, (5) investigasi, (6) Saran, dan (7) Rekomendasi

Kata Kunci : Optimalisasi, Pengawasan, Pelayanan Publik.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/120945
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item