Pandangan Montessori Terhadap Perkembangan Pembelajaran Nilai Agama Dan Moral Anak Di Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Palu

SARINA (2025) Pandangan Montessori Terhadap Perkembangan Pembelajaran Nilai Agama Dan Moral Anak Di Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Palu. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Sarina, 2024. “Pandangan Montessori terhadap perkembangan pembelajaran nilai agama dan moral anak di kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Palu”. Skripsi. Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Nurhayati (2) Sita Awalunisah

Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang perkembangan nilai agama dan moral anak masih kurang optimal, hal itu dapat dilihat dari perilaku anak yang tidak disiplin, masih belum terbiasa berdoa dengan suara pelan, belum membiasakan diri cuci tangan serta tidak mandiri saat beraktivitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pandangan Montessori terhadap perkembangan pembelajaran nilai agama dan moral anak di kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Palu. Metode Penelitian ini menggunakan adalah kualitatif dan jenis penelitian eksperimen. dengan subjek 15 anak yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 8 anak laki-laki terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, selanjutnya data dianalisis secara kualitatif. Hasil pengamatan sebelum diberlakukan prinsip Montessori pada aspek mengucapkan dua kalimat syahadat (0%) BSB, (13%) BSH, (53%) MB dan (34%) BB. Aspek Berdoa (0%) BSB, (13%) BSH, (20%) MB, dan (67%) BB. Aspek kedisiplinan (0%) BSB, (20%) BSH, (27%) MB, dan (53%) BB. Aspek mencuci tangan (0%) BSB, (13%) BSH, (27%) MB dan (60%) BB. Hasil pengamatan setelah diberlakukan prinsip Montessori pada aspek Montessori pada aspek mengucapkan dua kalimat syahadat (13%) BSB, (53%) BSH, (27%) MB dan (7%) BB. Aspek Berdoa (20%) BSB, (60%) BSH, (13%) MB, dan (7%)BB. Aspek kedisiplinan (0%) BSB, (53%) BSH, (33%) MB, dan (13%) BB. Aspek mencuci tangan (13%) BSB, (80%) BSH, (7%) MB dan (0%) BB. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode Montessori dapat meningkatkan nilai agama dan moral di kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Palu..

Kata kunci: Montessori, Nilai agama dan moral, anak usia dini

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/121051
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item