PARTISIPASI PEMUDA DALAM PEMASARAN PARIWISATA MELALUI KEGIATAN PROMOSI OBJEK WISATA PANTAI ARJUNA DI DESA TOLAI BARAT KECAMATAN TORUE KABUPATEN PARIGI MOUTONG

I MADE AGUS ANDRIANA (2020) PARTISIPASI PEMUDA DALAM PEMASARAN PARIWISATA MELALUI KEGIATAN PROMOSI OBJEK WISATA PANTAI ARJUNA DI DESA TOLAI BARAT KECAMATAN TORUE KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

I MADE AGUS ANDRIANA. B 201 15 O22. SKRIPSI PARTISIPASI PEMUDA DALAM PEMSARAN PARIWISATA MELALUI KEGIATAN PROMOSI OBYEK WISATA PANTAI ARJUNA DI DESA TOLAI BARAT KECAMATAN TORUE KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Dibimbing oleh Ahmad Sinala,S.Sos,M.Si.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui partisipasi pemuda dalam pemasaran pariwisata melalui kegiatan promosi obyek wisata pantai Arjuna di Desa Tolai Barat Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong, dalam pemasaran pariwisata akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pemuda dan masyarakat yang ada dilingkungan obyek wisata pantai tersebut seperti meningkatkan perekonomian masyarakat, meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, serta mengurangi tingkat penggangguran yang ada di Desa Tolai Barat.
Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dan tehnik pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive yaitu menentukan dengan sengaja orang- orang yang dianggap mengetahui permasalahan penelitian ini dan menetapkan informan sebanyak 9 orang, yang dapat memberi gambaran secara jelas tentang fakta –fakta dan kecendrungan mengenai hal – hal yang berkaitan dengan partisipasi pemuda dalam pemasaran pariwisata melalui kegiatan promosi obyek wisata. Adapun lokasi penelitian di Desa Tolai Barat Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong, populasi dalam penelitian ini adalah 674 KK atau 2465 jiwa, yang dilakukan dengan metode purposive.
Hasil dari penelitian ini adalah partisipasi pemuda dalam pemasaran pariwisata melalui kegiatan promosi obyek wisata untuk menunjang dan meningkatkan pendapatan masyarakat dan pendapatan asli desa serta mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Desa Tolai Barat yaitu dalam tahap pemasaran ini dapat membuka suatu sektor dibidang usaha bagi masyarakat setempat dan lebih berfokus pada bagaimana pemuda berperan dalam pemasaran dan promosi pantai Arjuna. Dengan pemasaran tersebut dapat membangkitkan tingkat perekonomian masyarakat dan membuat pemuda dan penduduk Desa Tolai Barat lainnya memiliki penghasilan tambahan dan membuka lapangan pekerjaan dalam berusaha yang ada dalam obyek wisata pantai Arjuna, sehingga dapat membuka sektor pekerjaan yang bertempat tinggal di Desa Tolai Barat.
Kata Kunci : Partisipasi, Pemuda dalam pemasaran dan promosi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Sosiologi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/121230
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item