SISRIAWAN LAPASERE (2020) Pedagogical Coontent Knowledge Calon Guru Program Studi Pendidikan Fisika. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Sisriawan Lapasere, 2019. Pedagogical Content Knowledge Calon Guru Program Studi Pendidikan Fisika. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Sains, Pasca Sarjana Universitas Tadulako. Ketua Tim Marungkil Pasaribu, Anggota Tim Pembimbing Muslimin
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pedagogical knowledge, content knowledge dan pedagogical content knowledge mahasiswa calon guru fisika di Universitas Tadulako. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, semua data dikumpulkan berdasarkan fakta yang diperoleh di lapangan sehingga menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang yang diamati. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah 6 orang mahasiswa yang memprogram mata kuliah microteaching. Data diperoleh melalui tes pedagogical knowledge, content knowledge, angket pengamatan saat mahasiswa calon guru fisika tampil microteaching dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata kemampuan pedagogical knowledge mahasiswa calon guru fisika sebesar 52% (kategori sedang), rata-rata kemampuan content knowledge mahasiswa calon guru fisika 51% (kategori sedang) dan ratarata kemampuan pedagogical content knowledge mahasiswa calon guru fisika sebesar 60% (kategori sedang). Selain itu, hubungan antara pedagogical knowledge, content knowledge dan pedagogical content knowledge yaitu “Jika kemampuan pedagogical knowledge, content knowledge tinggi maka kemampuan pedagogical content knowledge tinggi, begitupun sebaliknya. Tetapi, jika kemampuan pedagogical knowledge tinggi, kemampuan content knowledge sedang maka kemampuan pedagogical content knowledge tinggi dan jika kemampuan pedagogical knowledge sedang, kemampuan content knowledge tinggi maka kemampuan pedagogical content knowledge sedang. Kemampuan pedagogical knowledge lebih dominan dibandingkan dengan kemampuan content knowledge dalam meningkatkan kemampuan pedagogical content knowledge.
Kata Kunci: Pedagogical Knowledge, Content Knowledge, Pedagogical Content Knowledge
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined]) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Sains |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/121272 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |