Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Personal Branding (Studi Kasus Pada Akun Instagram @andrijamril)

NUR RISKA (2024) Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Personal Branding (Studi Kasus Pada Akun Instagram @andrijamril). Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nur Riska, B 501 20 019. Program Studi Ilmu Komunikasi, Konsentrasi
Public Relations. Skripsi “Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Personal
Branding (Studi Kasus Pada Akun Instagram @andrijamril)” di bawah bimbingan Ibu Nurhaidar dan Ibu Dyah Fitria Kartika Sari.

Kehadiran Instagram tidak hanya sebagai sebuah media hiburan. Fungsi lainnya dapat dimanfaatkan sebagai media personal branding seperti yang dilakukan Andri Firmansyah atau yang dikenal Andri Jamril. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana pemanfaatan Instagram sebagai media personal branding pada akun Instagram @andrijamril. Penelitian ini menggunakan teori Authentic
Personal branding oleh Hubert K. Rampersad yang terdiri dari sebelas konsep. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan dasar penelitian menggunakan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh, satu orang sebagai informan utama dan enam lainnya sebagai informan pendukung.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dan teknik
analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Andri Firmansyah seorang kreator video memanfaatkan Instagram sebagai tempat untuk mempromosikan diri dan juga sebagai media pengembangan diri. Namun dalam melakukan personal brandingnya
di Instagram Andri tidak memanfaatkan semua fitur yang ada pada platform
Instagram, Andri hanya memaksimalkan fitur reels, Instagram Stories, Bio Instagram sebagai elevator pitch dan Insight untuk mengevaluasi segala bentuk kontennya di
Instagram. Selain itu, untuk dapat memungkinkan berinteraksi dengan pengguna lain Andri memanfaatkan fitur, yakni: follow, like, komentar, dan mentions. Tanpa Andri
sadari dengan memanfaatkan Instagram dalam melakukan personal branding sudah
memberikan portofolio secara online.

Kata Kunci : Instagram, Personal Branding, Konten Kreator

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Library of Congress Subject Areas > H Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/121624
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item