PEMANFAATAN LAYANAN BIMBINGAN KARIR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERENCANAAN KARIR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POHON KARIR PADA SISWA SMK NEGERI 5 PALU

RAHMAT (2023) PEMANFAATAN LAYANAN BIMBINGAN KARIR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERENCANAAN KARIR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POHON KARIR PADA SISWA SMK NEGERI 5 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perencanaan
karir siswa dengan menggunakan media pohon karir di SMK Negeri 5 Palu. Jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperiment-semu (quasi
experiment research) dengan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian
sebanyak 21 siswa kelas XII TKJ. Hasil penelitian menunjukan bahwa
pemahaman perencanaan karir siswa lebih tinggi setelah diberikan layanan
bimbingan karir dengan menggunakan media pohon karir. Rata-rata skor hasil tes
awal pre-test pemahaman perencanaan karir siswa sebelum diberikan layanan
bimbingan karir sebanyak 5 atau 23,8% siswa dengan kategori rendah dan 16 atau
76,2% siswa dengan kategori sangat rendah. Setelah diberikan layanan bimbingan
karir dengan menggunakan media pohon karir meningkat sebanyak 2 atau 9,6%
siswa kategori sangat tinggi, 12 atau 57,1% siswa kategori tinggi dan 7 atau
33,3% siswa kategori sedang. Hasil penelitian membuktikan bahwa pemberian
layanan bimbingan karir dengan menggunakan media pohon karir efektif untuk
meningkatkan pemahaman perencanaan karir siswa.
Kata Kunci: perencanaan karir, bimbingan karir, pohon karir

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/121655
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item