Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Pada Pembelajaran SBdP Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II Di SDN Inpres 1 Kawatuna

MELIN NGGODULANO (2025) Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Pada Pembelajaran SBdP Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II Di SDN Inpres 1 Kawatuna. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Melin Nggodulano, (2025). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Pada Pembelajaran
SBdP untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 2 Di SDN Inpres 1
Kawatuna. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu
Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing Herlina.
Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan dan meningkatkan hasil belajar
peserta didik kelas 2 di SDN Inpres Kawatuna menggunakan lingkungan sekitar pada
pembelajaran SBdP. Pada pembelajaran SBdP, memanfaatkan lingkungan sekitar
sekolah sebagai sumber belajar sering dilakukan salah satunya yaitu dengan cara
pembuatan cat warna Menggunakan tumbuh-tumbuhan yang ada pada lingkungan
sekitar sekolah. Dengan cara Mengajak peserta didik melakukan praktek pembuatan
cat warna mengunakan tumbuhan yang tumbuh pada sekitar lingkungan sekolah,
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara
bersiklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 2 SDN Inpres Kawatuna, melibatkan
28 orang peserta didik yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini
Menggunakan desaian model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas dua siklus.
Metode pengumpulan data yaitu menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi.
Sementara teknik analisis data yaitu data kualitatif (data yang diperoleh dari lembar
observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa) dan data kuantitatif (data berupa angka-
angka yang diperoleh dari hasil evaluasi akhir siswa menggunakan tes). Hasil
penelitian ini adalah: (1) Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran SBdP
mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I 66,67% pada siklus II meningkat
menjadi 86,95%, selain itu hasil observasi peserta didik meningkat pada siklus I
57,3?ngan kategori cukup dan siklus II meningkat 80?ngan kategori baik; (2)
pemanfaatan lingkungan sekitar membuat peserta didik lebih mudah memahami
Masalah yang diberikan serta memotivasi peserta didik untuk lebih dalam
membangun pengetahuan untuk menyelesaikan masalah; dan (3) Dengan kelompok
peserta didik mampu untuk bekerja sama.
Kata kunci : Pemanfaatan Lingkungan Sekitar, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/121671
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item