PEMANFAATAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 BARAS

NUR AMINA (2023) PEMANFAATAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 BARAS. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan fitur - fitur Google Classroom dalam pembelajaran sejarah dan untuk mendeskripsikan proses meningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan media Google Classroom di SMA Negeri 1 Baras Kelas XI IIS. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data seacara kualitatif menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran sejarah di Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Baras dapat meningkat dengan memanfaatkan empat fitur yang pada media Google Classroom dalam pembelajaran sejarah. Adapun empat fitur tersebut yaitu Assigment (penugasan) yaitu digunakan oleh guru dan juga siswa dalam memberikan dan juga mengumpulkan tugas, Grading (penilaian) digunakan atau dimanfaatkan oleh guru untuk memberikan penilaian dan digunakan siswa untuk melihat nilai, Communication (komunikasi) dimanfaatkan oleh guru dan juga siswa untuk saling berinteraksi dan juga melakukan diskusi, Archive Course (arsip program) dimanfaatkan oleh guru untuk mengarsipkan kelas sehingga apabila dikemudian hari ada materi yang diperlukan guru hanya perlu membuka kembali kelas yang telah diarsipkan tersebut. Dalam pemanfaatan media Google Classroom untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran sejarah terdapat beberapa tahapan atau proses yaitu siswa mempelajari materi, melakukan diskusi, pemberian tugas, dan memberikan penilaian. Selain hal tersebut berdasarkan temuan yang diperoleh peneliti di lapangan bahwa kehadiran merupakan salah satu syarat keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/121686
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item