Pemanfaatan Media Pouwtoo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI Ips 2 SMA NEGERI MODEL TERPADU MADANI

MAGVIRAH (2024) Pemanfaatan Media Pouwtoo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI Ips 2 SMA NEGERI MODEL TERPADU MADANI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemanfaatan media powtoo dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah di kelas XI ips 2 SMA Negeri Model Terpadu Madani. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral/siklus dari kemmis dan taggart yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan pada tiap siklusnya yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah menggunakan media powtoon. Hal ini dibuktikan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 61,53% (cukup) meningkat 21,54% pada siklus II menjadi 83,07%( baik). Adanya peningkatan hasil belajar terlihat dari peningkatan rata-rata yaitu 51,81 (18,18%) meningkat menjadi 63,81 (54,54%) disiklus I kemudain meningkat menjadi 82,35% (100%). Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media powtoon dapat meningkatakan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah kelas XI Ips 2 SMA Negeri Model Terpadu Madani.

Kata kunci: penelitian tindakan kelas, Hasil belajar, peristiwa-peristiwa penting di Eropa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/121693
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item