PEMBELAJARAN MODUL FISIKA BERBASIS INKUIRI DI MASA PANDEMI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 TINOMBO

SARASWATI (2022) PEMBELAJARAN MODUL FISIKA BERBASIS INKUIRI DI MASA PANDEMI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 TINOMBO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saraswati, 2022. Pembelajaran Modul Fisika Berbasis Inkuiri di Masa Pandemi di
Kelas XI SMA Negeri 1 Tinombo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika
Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing : Dr. Amiruddin Hatibe,
M.Si.
Kata Kunci : Pembelajaran, Modul Berbasis Inkuiri, hasil belajar, minat
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) minat peserta didik terhadap
pembelajaran dengan modul berbasis inkuiri di masa pandemi, (2) pengaruh modul
fisika berbasis inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif yang diperoleh dengan menggunakan pendekatan
kombinasi.. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA
Negeri 1 Tinombo. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 3 dengan
jumlah siswa sebanyak 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan
data dalam penelitian ini meliputi tes hasil belajar dan kuesioner minat. Tes hasil
belajar yang diperoleh menunjukan bahwa skor rata-rata posttest 22,21 lebih tinggi
dari skor rata-rata pretest yaitu 5,94. Uji hipotesis (uji-t) diperoleh nilai thitung > ttabel
atau 21,36 > 2,034 pada taraf nyata ? = 0,05 Hal ini berarti nilai thitung berada di luar
daerah penerimaan H0. Adapun data yang diperoleh dari uji N-Gain yaitu nilai ratarata persentase N-Gain sebesar 0,5 termasuk dalam kriteria sedang karena
memenuhi persentase N-Gain > 0,3. Hasil analisis data kuesioner minat
menunjukkan bahwa Presentase minat seluruh peserta didik sebesar 86,42% yang
berada pada kategori sangat berminat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa minat
peserta didik terhadap pembelajaran sangat baik serta terdapat pengaruh
penggunaan modul berbasis inkuiri terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/121877
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item