PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DAN KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 5 PALU

MUH SUPRIADI (2023) PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DAN KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 5 PALU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian untuk membentuk karakter siswa dan kreativitas guru melalui lingkungan sebagai media pembelajaran, dan untuk melihat faktor pendukung dan penghambat guru dalam menggunakan lingkungan sebagai media pembelajaran. Lingkungan sebagai media pembelajaran dapat memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi serta dapat dengan mudah dipahami oleh siswa karena sesuatu yang tidak asing bagi peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaituguru IPS dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa lingkungan sebagai media pembelajaran dapat membentuk karakter siswa dengan baik, siswa dapat belajar terhadap lingkungan sekitarnya secara langsung sehingga siswa dapat melakukan hal yang positif dilingkungan masyarakat, siswa dapat dengan mudah memahami materi yang diajarkan karena lingkungan merupakan sesuatu yang tidak asing bagi peserta didik. Faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter siswa yaitu dipengaruhi dari dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Berdasarkan hasil penelitian bahwa lingkungan sebagai media pembelajaran menguntungkan guru dan siswa, siswa dapat dengan
mudah memahami materi dan guru juga dapat dengan mudah menjelaskan materi.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/121892
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item