PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 4 PALU

IKRAWAN TRI SAKTI (2022) PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 4 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Ikrawan Tri Sakti, 2022. Penanaman Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran
Sejarah di SMA Negeri 4 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah,
Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako.
Pembimbing: Dr. Misnah, M.Pd
Penanaman nilai karakter dalam proses belajar mengajar merupakan hal penting
dikarenakan penanaman nilai-nilai karakter dalam proses pembelajaran
diharapkan dapat membentuk kepribadian peserta didik. Permasalahan dalam
penelitian ini yaitu: 1).Bagaimana strategi Guru untuk menanamakan nilai-nilai
karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 4 PALU? 2). Apakaha ada
faktor pendukung dan penghambat yang proses penanaman nilai-nilai karakter
dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 4 PALU?. Penelitian ini bertujuan
untuk untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan atau proses penanaman nilainilai
karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Palu, dan apa saja
faktor pendukung serta penghambat dalam pelaksanaan atau proses penanaman
nilai-nilai karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 4 Palu. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif
menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai karakter dalam proses belajar
mengajar pada pembelajaran sejarah sudah berjalan dengan baik. Faktor
pendukung dalam Implementasi nilai karakter dalam meningkatkan hasil belajar
siswa khususnya dalam pembelajaran Sejarah adalah peran guru, individu siswa,
sarana dan prasarana. Kemudian factor penghambat implementasi nilai karakter
dalam hasil belajar siswa khususnya dalam pembelajaran Sejarah yang dialami
guru yaitu, individu siswa dan sarana prasarana.
Kata Kunci: Strategi Guru, Nilai Karakter, Pembelajaran Sejarah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Sejarah
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/122415
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item