PENENTUAN PRIORITAS PEMILIHAN JENIS PERKERASAN JALAN DENGAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA PAKET PEKERJAAN REHABILITASI JALAN KOTA PALU

KETUT GENDROYONO (2024) PENENTUAN PRIORITAS PEMILIHAN JENIS PERKERASAN JALAN DENGAN METODE ANALITYCAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA PAKET PEKERJAAN REHABILITASI JALAN KOTA PALU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kondisi kebijakan dan politik anggaran sangat berpengaruh pada penentuan
ruas dan jenis perkerasan oleh penyelenggara jalan, banyaknya usulan perbaikan
jalan setiap tahunnya tidak sebanding dengan jumlah anggaran yang tersedia. Hal
ini sangat berpengaruh pada penentuan jenis perkerasan jalan, dimana
penyelenggara jalan akan memilih jenis perkerasan jalan yang lebih ekonomis yang
menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia untuk memenuhi kepetingan
tersebut, walaupun secara teknis akan berdampak pada tidak tercapainya umur
rencana yang berakibat pada tingginya biaya pemeliharaan. Studi ini secara khusus
mencoba menerapkan metode AHP (analytic hierarchy process) dalam
kepentingan perumusan dan pengambilan keputusan dalam penentuan prioritas
pemilihan jenis perkerasan jalan. Diharapkan melalui studi ini dapat dibuktikan
bahwa metode AHP dapat membantu para pengambil kebijakan khususnya dalam
lingkup pemeritah daerah agar pengambilan keputusan lebih obyektif.Metode studi
ini mencakup metode pengambilan data dan metode analisis. Untuk pengambilan
data, studi ini menggunakan metode kuesioner, terdapat 12 responden yang
dianggap ahli dan berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidang jalan dan jembatan.
Berdasarkan analisis urutan bobot prioritas kriteria terhadap prioritas pemilihan
jenis perkerasan jalan yaitu kirteria teknis memiliki bobot tertinggi yaitu 0,344,
selanjutnya kriteria kebijakan memiliki nilai bobot tertinggi kedua dengan bobot
nilai 0,247, diurutan ketiga adalah kriteria biaya dengan nilai bobot sebesar 0,230
dan yang terakhir adalah kriteria pelaksanaan bobot nilai 0,178. Urutan alternatif
jenis perkerasan jalan untuk rehabilitasi jalan di kota palu adalah : 1) AC-WC
(Aspal Concret Wearing Course) (19,3%), 2) Lapen (Lapis Penetrasi Macadam)
(18,3%), 3) HRS (Hot Roller Sheet) (16,5%), 4) Latasir (Sand Sheet) (16,3%), 5)
Composit Pavement (15,4%), 6) Rigid Pavement ( 14,2%).
Kata kunci : Anggaran rehabilitasi jalan, kriteria yang berpengaruh , alternatif
pemilihan jenis perkerasan jalan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/122825
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item