PENERAPAN BELAJAR KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN PPKn DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI SMAS GKST IMANUEL PALU

ELSA LAURA IMANIAR (2022) PENERAPAN BELAJAR KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN PPKn DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI SMAS GKST IMANUEL PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Elsa Laura Imaniar 2022, “Penerapan Belajar Kelompok pada Mata Pelajaran PPKn
Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar di SMAS GKST Imanuel Palu”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing Hasdin.
Penelitian ini bertujuan 1). Untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa dalam
menerapkan metode belajar kelompok pada pembelajaran PPKn di masa pandemi
Covid-19 di SMAS GKST Imanuel Palu. 2). Untuk menerapkan metode belajar
kelompok yang diterapkan guru pada pelajaran PPKn di masa pandemi Covid-19 di
SMAS GKST Imanuel Palu. 3). Untuk mengetahui tingkat efektifitas belajar
kelompok pada mata pelajaran PPKn secara daring di SMAS GKST Imanuel Palu.
Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah,
Guru PPKn dan siswa kelas X MIA dan IIS. Teknik pengumpulan data berupa
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa
1) Kesulitan belajar siswa disebabkan kurangnya sarana dan prasarana di masa
pendemi Covid-19, seperti siswa tidak seluruhnya memliki fasilitas berupa laptop,
komputer, handphone android dan quota internet. 2) Proses penerapan metode
belajar kelompok di mulai dengan beberapa langkah yang di awali dengan
pembagian kelompok, pembagian materi, belajar kelompok dan presentase pada
setiap kelompok. 3) Penerapan menggunakan metode belajar kelompok pada mata
pelajaran PPKn kelas X MIA dan X IIS di SMAS GKST Imanuel Palu sudah efektif
yang dibuktikan dengan hasil lembar observasi guru dan siswa yang menjelaskan
bahwa keaktifan serta partisipasi guru dan siswa dalam menerapkan metode belajar
kelompok, disertai suasana kelas yang aktif saat proses diskusi tanya jawab dapat
mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa.
Kata Kunci: Belajar Kelompok, Kesulitan Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/122933
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item