SAKIRAN (2022) PENERAPAN BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD INPRES BINANGGA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Sakiran (2022). Penerapan Bermain Peran dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SD Inpres Binangga. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Rizal.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD
Inpres Binangga, melibatkan 18 orang siswa terdiri atas 8 orang laki-laki dan 10
orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas
dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan
setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan diperoleh
ketuntasan klasikal 27,27?n daya serap klasikal 61,67%. Pada tindakan siklus I
diperoleh ketuntasan klasikal 36,36?n daya serap klasikal 60% sedangkan pada
tindakan siklus II diperoleh ketuntasan klasikal 100?n daya serap klasikal
81,11%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator
keberhasilan dengan nilai daya serap klasikal minimal 70?n ketuntasan belajar
klasikal minimal 80%. Berdasarkan nilai rata-rata daya serap klasikal dan
ketuntasan belajar klasikal pada kegiatan pembelajaran siklus II, maka dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS di SD
Inpres Binangga.
Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/122935 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |