SRI WAHYUNI (2024) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SDN 3 TERPENCIL EEYA DESA EEYA KECAMATAN PALASA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching
and Learning. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dan diterapkan pada
siswa kelas IV SDN 3 Terpencil Eeya dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 13
siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada dua siklus, setiap siklus terdiri atas
empat tahap, yaitu 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3)
observasi, 4) refleksi. Dalam penelitian ini terdapat dua jenis data yaitu kuantitatif
dan kualitatif. Dari hasil belajar siklus I banyak siswa yang tuntas adalah 10 siswa
dan siswa yang tidak tuntas adalah 18 dengan persentase ketuntasan klasikal
35,7?n daya serap klasikal 50,3%. Siklus II banyak siswa yang tuntas adalah
25 siswa dan siswa yang tidak tuntas adalah 3 dengan persentase ketuntasan
klasikal 89,2?n daya serap klasikal 82,1%. Berdasarkan hasil lembar observasi
aktivitas siswa siklus I diperoleh nilai 75% yang dikategorikan baik sedangkan
observasi aktivitas guru diperoleh nilai 79,16% yang dikategorikan baik.
Sedangkan pada siklus II observasi aktivitas siswa diperoleh nilai diperoleh
90,27% yang dikategorikan sangat baik sedangkan observasi aktivitas guru
diperoleh nilai 89%. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran PKn dari siklus I ke siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) dapat
meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN 3 Terpencil
Eeya.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Contextual Teaching and
Learning, Mata Pelajaran PKn.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/122948 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |