ERSI SELVIANA KIMBA (2022) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 LORE UTARA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Ersi Selviana Kimba (2021). Penerapan Contextual Teaching and Learning
untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lore
Utara Kabupaten Poso, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan
Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Tadulako. Pembimbing Samuel Sanda Patampang.
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
karena proses pembelajaran geografi lebih dominan bersifat konvensional atau
berpusat pada guru. Rumusan masalah apakah dengan penerapan Contextual
Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran geografi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar
siswa dengan penerapan Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran
geografi kelas XI di SMA Negeri 1 Lore Utara. Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
sebanyak 2 siklus, prosedur penelitian ini dimulai dari perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi
dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I siswa yang tuntas secara
individu 63%. Presentase daya serap klasikal yaitu 80%. Sedangkan pada siklus II
siswa yang tuntas secara individu 90%. Presentase ketuntasan belajar siswa pada
siklus II sudah memenuhi kriteria diatas nilai KKM yaitu 70 dengan Daya serap
klasikal mencapai 85%. Demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan
Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran geografi di kelas XI di SMA Negeri 1 Lore Utara.
Kata kunci: Contextual Teaching Learning. Hasil Belajar, Pembelajaran
Geografi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Geografi |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/122949 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |