Penerapan Keterampilan 4C Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Abad 21 Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMP Negeri 8 Bukal Kabupaten Buol

ANJELINA YOFITA GOO (2024) Penerapan Keterampilan 4C Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Abad 21 Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMP Negeri 8 Bukal Kabupaten Buol. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anjelina Yofita Goo, “Penerapan Keterampilan 4C dalam Meningkatkan
Kemampuan Belajar Siswa Abad 21 pada Mata Pelajaran PPKn”. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Pendidikan
Ilmu Penegtahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Tadulako. Pembimbing, Sukmawati.
Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan penerapan keterampilan
4C dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa abad 21 pada mata pelajaran
PPKn di kelas VIII SMP Negeri 8 Bukal, (2) untuk mendeskripsikan faktor
pendukung dan penghambat penerapan keterampilan 4C dalam meningkatkan
kemampuan belajar siswa abad 21 pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII SMP
Negeri 8 Bukal. Lokasi penelitan di SMP Negeri 8 Bukal Kabupaten Buol. Subjek
penelitan ini berjumlah 7 orang, terdiri dari kepala sekolah, 1 orang guru PPKn
dan 5 siswa. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan dalam tahap
pembelajaran dengan (1) penerapan keterampilan 4C di SMP Negeri 8 Bukal
Kabupaten Buol adalah sebagai berikut: berpikir kritis yaitu, saat guru
memberikan pertanyaan kepada siswa di dalam kelas saat proses pembelajaran
hanya ada beberapa siswa saja yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Dan ada
juga beberapa siswa yang tidak mampu menjawab pertanyaan tersebut.
Komunikasi yaitu, keterampilan dalam pembelajaran di kelas dari banyaknya
peserta didik tidak semuanya mampu berkomunikasi dengan baik pada saat
diskusi kelompok di kelas. Kolaborasi yaitu, peserta didik dapat bekerja sama
dengan temannya pada saat pembelajaran diskusi dan tugas kelompok di kelas.
Kreativitas yaitu, keterampilan kreatif dalam diskusi kelompok pada saat
pembelajaran ada beberapa siswa yang masih kurang membuat pertanyaan yang
menarik. (2) faktor pendukung dalam penerapan keterampilan 4C adalah siswa
sangat antusias dan tertarik dari segi belajarnya, diskusi dan cara mereka berbicara
di depan kelas, semua itu ada kemauan dari peserta didik.
Kata Kunci: Keterampilan 4C, Kemampuan Belajara

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123024
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item