PENERAPAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN PERILAKU OFF TASK SISWA SMP NEGERI 14 PALU

RAHMI ARDILA (2021) PENERAPAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN PERILAKU OFF TASK SISWA SMP NEGERI 14 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Rahmi Ardila, 2021.“Penerapan Konseling Kelompok Cognitive Restructuring Untuk Mengurangi Kebiasaan Perilaku Off Task Siswa SMP Negeri 14 Palu”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Pembimbing Ridwan Syahran.

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah perilaku off task siswa mengalami perubahan sesudah mengikuti layanan konseling kelompok cognitive restructuring lebih rendah dibandingkan dengan sebelum mengikuti layanan konseling kelompok cognitive restructuring. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan penerapan konseling kelompok cognitive restructuring dalam mengurangi kebiasaan perilaku off task siswa. Subjek penelitian ini berjumlah 6 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angketperilaku off task. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan melalui analisis statistik menggunakan rumus wilcoxon sign rank test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa perilaku off tasksiswa sebelum mengikuti layanan konseling kelompok cognitive restructuring, antara lain: 1 siswa yaitu IR memiliki perilaku off task klasifikasi sangat tinggi, 2 siswa yaitu IB, BP memiliki perilaku off task klasifikasi tinggi, 3 siswa yaitu MH, RZ dan AMS memiliki perilaku off task klasifikasi rendah. Setelah mengikuti layanan konseling kelompok cognitive restructuring tidak didapatkan siswa yang memiliki perilaku off task sangat tinggi, 2 siswa yaitu IR, IB memiliki perilaku off task klasifikasi tinggi , 2 siswayaitu BP, MH memiliki perilaku off task klasifikasi rendah, 2 siswayaitu RZ dan AMS memiliki perilaku off task sangat rendah. Hasil penelitian analisis inferensial menunjukkan bahwa perilaku off task siswa SMP Negeri 14 Palu sesudah mengikuti layanan konseling kelompok cognitive restructuring lebih rendah dibandingkan dengan sebelum mengikuti layanan konseling kelompok cognitive restructuring.

Kata Kunci: Perilaku Off Task, Layanan Konseling Kelompok Cognitive Restructuring, Analisis Deskriptif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123030
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item