PENERAPAN MEDIA HAKA-BODAPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI GAYA KELAS IV SDN POBOYA

DADANG RAHMAN SIDIQ (2021) PENERAPAN MEDIA HAKA-BODAPA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI GAYA KELAS IV SDN POBOYA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan Media Haka Bodapa pada siswa kelas IV SDN Poboya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Instrumen pengumpulan data berupa lembar tes, lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I ranah afektif siswa 3,84 dengan kategori cukup sedangkan siklus II ranah afektif 4,25 kategori baik. Sedangkan untuk ranah psikomotorik 3,85 kategori cukup dan siklus II 4,11 kategori baik. Daya serap klasikal pada pembelajaran awal sebesar 66,6?n 67,2%. Hasil belajar siswa siklus I adalah 72,77%. Sedangkan untuk siklus II 84,1%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media Haka Bodapa mencapai ketuntasan minimal serta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Poboya.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Media Haka-Bodapa

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Sains
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123061
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item