PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK BERBAHASA LISAN DI KELOMPOK B TK MELATI DESA BOMBA

SAKINAH MUHAMMAD (2023) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK BERBAHASA LISAN DI KELOMPOK B TK MELATI DESA BOMBA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Sakinah Muhammad (2022), “Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Anak Berbahasa Lisan Di Kelompok B TK Melati Desa Bomba”. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Andi Agusniatih, Pembimbing (2) Sita Awalunisah.
Masalah utama dalam penelitian ini adalah kemampuan anak berbahasa lisan yang masih belum berkembang dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan kemampuan anak berbahasa lisan di kelompok B TK Melati Desa Bomba. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data dilihat dari nilai rata-rata pengamatan minggu pertama hingga hasil pengamatan minggu ketiga sesudah diterapkan metode bermain peran dari ketiga aspek yang diamati. Dapat dilihat pada kemampuan anak berbahasa lisan aspek menyebutkan kosa kata, dari (0%) anak menjadi (33,33%) kategori BSB, dari (20%) anak menjadi (46,67%) kategori BSH, dari (26,67%) anak menjadi (20%) kategori MB, dari (53,33%) anak mennjadi (0%) kategori BB. Pada aspek bertanya, (6,67%%) anak menjadi (33,33%) kategori BSB, dari (20%) anak menjadi (53,33%) kategori BSH, dari (20%) anak menjadi (13,33%) kategori MB dan dari (53,33%) anak menjadi (0%) kategori BB. Selanjutnya aspek menceritakan peran yang dimainkannya, dari (0%) anak menjadi (33,33%) kategori BSB, dari (13,33%) anak menjadi (46,67%) kategori BSH, dari (20%) anak menjadi (13,33%) kategori MB, dan dari (66,67%) anak menjadi (1,67%) kategori BB. Dengan demikian dapat di simpulkan penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan anak berbahasa lisan di kelompok B TK Melati Desa Bomba.

Kata kunci: Bermain Peran, Berbahasa Lisan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123083
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item