NURFIDYA SUSE (2024) PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SENI MUSIK PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOMPOK B TK PERTIWI KEC. PALU TIMUR. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nurfidya Suse(2024) “Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan
Perkembangan Seni Musik Pada Anak Usia Dini Di Kelompok B Tk Pertiwi Kec.
Palu Timur. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan
Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pembimbing I: I Putu Suwika, Pembimbing II : Hesti Putri Setianingsih.
Masalah dalam penelitian ini yaitu seni musik pada anak belum berkembang
sesuai harapan, tujuan penelitian ini untuk meningkatkan seni musik pada anak
melalui metode bernyanyi. Subjek dan setting penelitian adalah anak kelompok B
berjumlah 15 anak, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan yang terdaftar
tahun 2023/2024. Penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart,
yang di laksanakan secara bersiklus. Data yang di kumpulkan melalui observasi,
wawancara, dokumentasi, selanjutnya di analisis secara deskriptif. Data pra
tindakan, kemampuan menirukan syair-syair yang di lagukan, kategori
berekembang sangat baik (BSB) 6,67 %, berkembang sesuai harapan (BSH) 20%,
Mulai berkembang (MB) 33,33%, dan belum berkembang (BB) 40%. Kemampuan
menirukan gerakan sesuai intonasi lagu, kategori berkembang sangat baik (BSB)
6.67 %, berkembang sesuai harapan (BSH) 13,33%, Mulai berkembang (MB)
2,67%, dan belum berkembang (BB) 53,33%. Kemampuan aktif dalam bernyanyi,
kategori berekembang sangat baik (BSB) 20 %, berkembang sesuai harapan (BSH)
13,33%, Mulai berkembang (MB) 2,67%, dan belum berkembang (BB)
40%.Setelah di lakukan tindakan, di simpulkan bahwa metode bernyanyi, dapat
meningkatkan perkembangan seni musik pada anak, terbukti ada peningkatan dari
tindakan siklus I ke siklus II, kemampuan menirukan syair-syair yang di lagukan
kategori BSB, BSH, dan MB dari 60 % menjadi 86,66% (26,66%). Kemampuan
menirukan gerakan sesuai intonasi lagu kategori BSB, BSH, dan MB dari 60 %
menjadi 86,66% (26,66%). Kemampuan aktif dalam bernyanyi kategori BSB, BSH,
dan MB dari 60 % menjadi 93,33% (33,33%). Secara umum, terjadi peningkatan
rata-rata 48,88% kategori BSB,BSH, dan MB. Walaupun masih ada anak yang
belum berhasil meningkat hasil bermusiknya 11.10 % atau kategori BB.
Kata Kunci :Perkembangan seni musik, metode bernyanyi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123085 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |