PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN SBK DENGAN MATERI KERAJINAN TANGAN DARI BAHAN BEKAS KELAS IV SDN 22 SIRENJA

INDRI WIDIASTUTI (2020) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN SBK DENGAN MATERI KERAJINAN TANGAN DARI BAHAN BEKAS KELAS IV SDN 22 SIRENJA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Indri Widiastuti (2019). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran SBK Dengan Materi Kerajinan Tangan Dari Bahan Bekas Kelas IV SDN 22 Sirenja. Skripsi Program Studi pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses belajar agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi darinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagaman, pengendalian diri, keperibadian, kecerdasan, dan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negaranya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model pembelajaran yang efektif guna meningkatkan hasil belajar keterampilan siswa kelas IV SDN 22 Sirenja dan aktifitas belajar siswa dikelas. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas IV SDN 22 sirenja.jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas beberapa tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan fefleksi. Penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil dengan adanya data-data yang terkumpul dengan indikator batasan nilai hasil dan proses minimal 70. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambils dari pemberian tes praktek dari akhir siklus. Hasil penelitian siklus 1 menunjukan rata-rata hasil belajar siswa adalah 67,00?ngan presentasi kentutansan 60%, aktivitas siswa dengan nilai yaitu 60,78% sedangkan presentasi aktivitas guru pada siklus I 59,25% . pada penelitian siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 84,95% sehingga sudah memenuhi indikator kinerja dengan nilai rata-rata aktivitas 83,82?n presentasie aktivitas guru 84,72?ri pelaksanaan siklus diatas ternyata ada peningkatan. Kesimpulan dari pelaksanaan tindakan kelas ini bahwa pembelajaran dengan model demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 22 Sirenja.
Kata kunci : Metode Demontrasi Dalam Keterampilan Membuat kerajinan tangan dari bahan bekas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123099
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item