RATNA (2024) PENERAPAN METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 TERPENCIL E’EYA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Ratna, (2024). Penerapan Metode Diskusi pada Pembelajaran IPS untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD 2 Terpencil Eeya. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Peneliti
memperoleh informasi sebagai berikut sebagai berikut: (1) Guru mengajarkan
mata pelajaran IPS, kurang melibatkan siswa secara aktif dalam interaksi belajar,
sehingga siswa kurang termotivasi, (2) Guru melaksanakan pembelajaran
kebanyakan ceramah tanpa membimbing bagaimana cara berdiskusi dan bertukar
pikiran dalam memecahkan masalah. (3) Guru kurang membimbing
mengembangkan dan mengenal konsep mata pelajaran IPS, sehingga bimbingan
guru tersebut siswa dapat membangun pemikirannya untuk menemukan konsep
pada mata pelajaran IPS lebih rinci dan mudah untuk dipahami. (4) Guru juga
mengajarkan IPS tidak memberikan keterhubungan antara materi dengan
fenomena yang ada di lingkungan sekitar siswa. Tujuan penelitian untuk
peningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa Kelas IV
SD 2 Terpencil Eeya berjumlah 25 siswa, terdiri dari 14 laki-laki dan 11
perempuan. Hasil kegiatan siswa siklus I, aktivitas siswa dalam pembelajaran
masih dalam kategori cukup, sehingga pada siklus I pertemuan I diperoleh jumlah
skor sebesar 28 dengan skor maksimal 44 dengan persentase yang diperoleh
63,63%, dan pertemuan kedua skor tercapai 34 dari skor maksimal 44 dengan
persentase sebesar 77,27%. hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Terpencil Eeya pada
tindakan siklus I diperoleh skor tertinggi 75 dan skor terendah 35 dari jumlah
siswa 25 siswa yang mengikuti tes, dimana terdapat 13 siswa yang tuntas serta 12
siswa yang dinyatakan belum tuntas dengan persentase ketuntasan belajar klasikal
52?n persentase daya serap klasikal 63,12%, kemudian hasil belajar siswa
kelas IV SD 2 Terpencil Eeya pada siklus II diperoleh skor tertinggi 85 dan skor
terendah 55 dari jumlah siswa 25 siswa yang mengikuti tes, dimana terdapat 22
siswa yang tuntas serta 3 siswa yang dinyatakan belum tuntas dengan persentase
ketuntasan belajar klasikal 88?n persentase daya serap klasikal 72,91%.
Kata Kunci: Metode Diskusi, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123108 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |