TEUNGKU PANGERAN (2024) PENERAPAN METODE KARYAWISATA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DAMPAL UTARA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Teungku Pangeran, 2024. Penerapan Metode Karyawisata Dalam Pembelajaran
Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Dampal Utara. Skripsi, Program
Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan
Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing
Dr. Juniati, S.Pd., M.Pd.
Fokus Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode
karyawisata dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1
Dampal Utara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis
puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Dampal Utara melalui penerapan metode
karyawisata. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindak Kelas (PTK).
Rancangan penelitian tindak kelas ini menggunakan model penelitian yang terdiri
dari dua siklus. Setiap siklus meliputi beberapa tahap, yaitu : (1) pra tindakan, (2)
perencanaan, (3) pelaksanaan tindakan (4) observasi dan (5) refleksi. Penelitian ini
dilaksanakan di SMA Negeri 1 Dampal Utara. Pada tahun ajaran 2023/2024 dan
subjek penelitian ini adalah siswa kelas X. Teknik analisis data yang diperoleh
dalam penelitian ini adalah data kualitatif, yang meliputi hasil belajar siswa yang di
ambil dari hasil menulis puisi siklus I dan siklus II, kemampuan guru dalam
pengelolaan pembelajaran diambil dari lembar observasi aktivitas guru dan
aktivitas siswa yang di ambil dari lembar observasi siswa. Hasil penelitian ini
menunjukkan peresentase observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 79?ngan kategori cukup dan skor observasi aktivitas guru siklus II 95?ngan
kategori sangat baik. Hasil skor aktivitas siswa pada siklus I mencapai 72?ngan
kategori cukup dan skor aktivitas siswa pada siklus II mencapai 85?ngan
kategori baik. Hasil tindakan pada penelitian ini menunjukkan peresentase
Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) pada siklus I sebesar 64%. Sedangkan pada
siklus II diperoleh peresentasi Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) 82%.
Peningkatan hasil evaluasi akhir yang terjadi dari siklus I menuju Siklus II di
katakan berhasil dengan perolehan nilai yang cukup baik. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa dengan menerapakan metode
Karyawisata dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA
Negeri 1 Dampal Utara.
Kata Kunci : Kemampuan Menulis Puisi, Metode Karyawisata.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123138 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |