PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SEQIP TERHADAP PENINGKATAN MULTI REPRESENTASI KONSEP SUHU DAN KALOR PADA SISWA KELAS XI SMAN 5 PALU

IRAWAN SAPUTRA LASINA (2020) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SEQIP TERHADAP PENINGKATAN MULTI REPRESENTASI KONSEP SUHU DAN KALOR PADA SISWA KELAS XI SMAN 5 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran SEQIP berkaitan dengan kegiatan laboratorium, observasi dan eksperimen merupakan kegiatan yang harus dilakukan, sehingga kemampuan multi representasi siswa dapat berubah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan multi representasi yang terdiri dari verbal, gambar, grafik, dan matematik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen lemah dengan desain "one group pretest- postest". Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 5 Palu, teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian yaitu kelas XB sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan multi representasi yang terdiri kemampuan verbal, gambar, grafik dan matematik dengan jumlah soal 8 butir soal masing-masing terdiri dari 2 soal setiap kemampuan. Analisis hasil digunakan uji N-gain dan uji-t untuk sampel yang berhubungan preetest dan postest. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dan perhitungan rerata N-gain, menyelesaikan soal secara verbal 0,59, kemampuan menyelesaikan soal secara gambar 0,66, kemampuan secara grafik 1,51 dan kemampuan soal secara matematis 1,43. Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji peningkatan dengan menggunakan uji-t dua variabel yang berhubungan maka di peroleh t hitung 29,3 lebih besar dari t tabel 1,7, maka H1 diterima yaitu terdapat peningkatan kemampuan multi representasi siswa. Berdasarkan hasil tesebut di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan multi representasi Fisika melalui pembelajaran SEQIP pada siswa kelas XI SMAN 5 Palu pada tahun ajaran 2019-2029.
Kata kunci: pembelajaran SEQIP, Multi Representasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Fisika
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123157
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item