DWI KURNIA (2020) Penerapan Metode Pembelajaran Koopratif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Di Kelas VII C SMP Negeri 1 Galang Kabupaten Tolitoli. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Dwi Kurnia, 2019. Penerapan metode pembelajaran koopratif tipe team games tournament (tgt) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi di Kelas VII C SMP Negeri 1 Galang kab. Tolitoli. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Drs. Muchlis Djirimu, M.Pd
Pembelajaran model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) merupakan model pembelajaran yang sangat menarik dan menyenangkan. Siswa SMP Negeri 1 Galang kab.Tolitoli rata-rata nilai dari kelas VII secara keseluruhan masih belum mencapai KKM. Penyebab belum mencapainya KKM karena guru masih mengajar dengan cara yang monoton seperti ceramah yang menyebabkan siswa kurang termotivasi dan merasa bosan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C pada mata pelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 1 Galang Kab. Tolitoli melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Adapun desain yang digunakan pada penelitian ini yaitu desain penelitian yang mengacu pada alur kemmis dan Mc Taggart. Analisa data yang digunakan adalah analisa secara deskritif kualitatif dengan menggunakan teknik konversi skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari setiap siklus mengalami peningkatan nilai siswa. Siklus 1 rata-rata nilai siswa yaitu 59,1 dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 orang dengan nilai kbk 30,43%. Pada siklus 2 mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 82,1 dan siswa tuntas secara keseluruhan yaitu 23 siswa dengan kbk 100%.Metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) sanagt layak diterapkan di SMP Negeri 1 Galang Kab. Tolitoli.
Kata Kunci: Model pembelajaran tipe TGT, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Biologi |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123159 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |