PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KREATIVITAS ANAK DI KELOMPOK B TK NURUL ISLAM LAMBARA KECAMATAN TAWAELI PALU

ANITA RAMLAH (2020) PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KREATIVITAS ANAK DI KELOMPOK B TK NURUL ISLAM LAMBARA KECAMATAN TAWAELI PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anita Ramlah (2019). “Penerapan Metode Pemberian Tugas Terhadap Kreativitas Anak Di Kelompok B TK Nurul Islam Lambara Kecamatan Tawaeli Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) I Putu Suwika, (2) Aminah.
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah kreativitas anak yang belum berkembang sesuai harapan. Sehubungan dengan masalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pemberian tugas terdahap kreativitas anak di kelompok B TK Nurul Islam Lambara Kecamatan Tawaeli Palu, Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek berjumlah 15. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi, wawancara, dokumentasi, dan pemberian tugas. Pengelolaan data dilakukan dengan tehnik presentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa minggu pertama hasil rekapitulasi rata rata pada aspek kreativitas finger painting, kreativitas membuat aneka bentuk dari plastisin, kreativitas meronce. Kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) 6,67% anak, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 6,67% anak, kategori Mulai Berkembang (MB) 17,78?n kategori Belum Berkembang (BB) 68,88% anak. Selanjutnya, setelah minggu keempat dengan menggunakan metode pemberian tugas hasil rekapitulasi aspek kreativitas finger painting, kreativitas membuat aneka bentuk dari plastisin, dan kreativitas meronce diperoleh rata rata kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) 51,11% anak, kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 24,45% anak, kategori Mulai Berkembang (MB) 15,55% anak, dan kategori Belum Berkembang (BB) 8,89% anak. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pemberian tugas, kreativitas anak di Kelompok B TK Nurul Islam Lambara Kecamatan Tawaeli Palu berkembang sesuai harapan.

Kata Kunci: Metode Pemberian Tugas, Kreativitas Anak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123168
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item