PENERAPAN METODE PEMODELAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIDATO DI KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH ALKHAIRAAT KOTARINDAU

YULIYANTY (2020) PENERAPAN METODE PEMODELAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIDATO DI KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH ALKHAIRAAT KOTARINDAU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpidato siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Kotarindau. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan pada penelitian ini yaitu pemberian tes awal dan tes akhir tindakan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Indikator ketuntasan individu 65?n ketuntasan klasikal 80%. Komponen penilaian berpidato, yaitu, pelafalan, intonasi dan ekspresi dalam berpidato. Hasil siklus I rata-rata ketuntasan individu mencapai 61,29%?n ketuntasan klasikal mencapai 65,05%. Hasil penilaian siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu rata-rata ketuntasan individu mencapai 80,64?n ketuntasan klasikal mencapai 90,32%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pemodelan dapat meningkatkan kemampuan siswa berpidato di kelas VIMadrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Kotarindau.


Kata Kunci : Metode pemodelan, kemampuan berpidato.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pend. Bhs. Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123174
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item