PENERAPAN METODE ROLE PLAYING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 TOINASA

KETUT APRILIA (2020) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 TOINASA. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ketut Aprilia (2020). Penerapan Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 1 Toinasa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal, S.Ag. M.Pd.

Penelitian ini merupakan peneliitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar peserta didik upaya pemecahan masalah yang digunakan dengan menerapkan metode pembelajaran role playing berbantu media audio visual. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Toinasa yang berjumlah 22 siswa dengan 18 laki-laki dan 4 perempuan. Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data digunakan adalah teknik tes. Teknik analisis yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Tingkat pencapaian aktivitas guru di siklus I skor 68 dengan kategori baik dan siklus II skor 89 dengan kategori sangat baik. Tingkat pencapaian aktivitas peserta didik di siklus I skor 58 dengan kategori cukup dan siklus II skor 75 dengan kategori baik. Tingkat ketuntasan belajar klasikal peserta didik di siklus I adalah 63,63 ?n ssiklus II adalah 100 % sedangkan nilai rata-rata pada siklus I adalah 68,18 dan siklus II sebesar 91,36. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Role Playing berbantu media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 1 Toinasa.

Kata Kunci : Metode Role Playing, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123203
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item