PENERAPAN METODE SAS (STRUKTUR ANALITIK SINTETIK) DAN PENGGUNAAN MEDIA TEKS BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SDN 1 BUALEMO

RANDI DJAWABA (2021) PENERAPAN METODE SAS (STRUKTUR ANALITIK SINTETIK) DAN PENGGUNAAN MEDIA TEKS BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SDN 1 BUALEMO. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Randi, 2020. Penerapan Metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) dan Penggunaan Media Teks Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II di SDN 1 Bualemo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako palu. Pembimbing Huber Yaspin Tandi

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca pada siswa kelas II SDN 1 Bualemo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar khususnya pada kemampuan membaca siswa kelas II SDN 1 Bualemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) dan penggunaan media teks bergambar, model penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan alur siklus, perencanaan, pelaksanaan, tindakan observasi dan refleksi. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan evaluasi. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan rumus mencari nilai ketuntasan individual dan kentutasan klasikal. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Adapun hasil perolehan pada siklus pertama, yakni kemampuan membaca permulaan diperoleh tuntas 15 orang, tidak tuntas 8 orang dan ketuntasan klasikal rata-rata 65,21?n daya serap klasikal sebesar 73,47%. Selanjutnya, siklus kedua diperoleh hasil kemampuan membaca permulaan siswa diperoleh tuntas 23 orang, tidak tuntas 0 orang, sehingganya diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode SAS dan penggunaan media teks bergambar hasil belajar siswa kelas II SD 1 Bualemo dapat meningkat, sehingga hipotesis penelitian ini dapat diterima.

Kata Kunci : Hasil Belajar, SAS, Media Teks Bergambar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123210
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item