PENERAPAN METODE SQ3R DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS V SDN 2 INPRES TALISE

ASMITA (2024) PENERAPAN METODE SQ3R DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS V SDN 2 INPRES TALISE. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Asmita. 2019. Penerapan Metode SQ3R Dalam Pembelajaran Membaca Cepat Siswa kelas V SDN 2 Inpres Talise. Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Andi Bismawati.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecepatan membaca cepat siswa kelas V SDN 2 Inpres Talise dalam penerapan metode SQ3R. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan menggunakan metode deskripsi, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 orang siswa. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah, Pre-Tes dan Post-Test. Data kemampuan siswa yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan pedoman penilaian KEM, menghitung jumlah jawaban benar dibagi dengan jumlah soal, setelah itu dikali dengan 100%, maka itulah hasil presentase pemahaman isi. Kemudian jumlah kata yang dibaca, dibagi dengan waktu tempuh menit, dikali dengan presentase pemahaman isi, maka itulah hasil kecepatan rata-rata membaca siswa. Hipotesis yang menyatakan bahwa Penerapan Metode SQ3R dalam Pembelajaran Membaca Cepat Siswa Kelas V SDN 2 Inpres Talise belum maksimal. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan hasil dengan ketuntasan di atas 96 kpm. Terdapat 16 siswa yang dinyatakan tuntas atau 0,53% sedangkan 14 siswa dinyatakan tidak tuntas atau 0,46%.

Kata Kunci: Penerapan Metode SQ3R dalam Pembelajaran Membaca Cepat
?

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123220
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item