Penerapan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa

NAHDLA INDRI SHALSABILA (2023) Penerapan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan Perilaku Asertif Siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan Penerapan Metode Talking Stick. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 8 siswa. Jenis tindakan yang dilakukan adalah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan Metode Talking Stick. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua cara, yaitu: Skala dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilaksanakan siklus I, persentase peningkatan Perilaku Asertif menjadi sebesar 56,20%, sedangkan pada siklus II persentase peningkatan Perilaku Asertif menjadi 70,00%. dengan selisih 13,80?ri siklus I. Hasil penelitian ini membuktikan tingkat keberhasilan pelaksanaan tindakan pada siklus II yang telah diperbaiki berdasarkan hasil refleksi dari siklus I. Oleh karena itu dapat dibuktikan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan Penerapan Metode Talking Stick dapat meningkatkan Perilaku Asertif Siswa.
Kata Kunci : Perilaku Asertif, Bimbingan Kelompok, Talking Stick.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123222
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item