PENERAPAN METODE VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTIK) PADA PEMBELAJARAN TEKS PUISI KELAS VIII SMPN 14 PALU

WIDYA SARI (2022) PENERAPAN METODE VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTIK) PADA PEMBELAJARAN TEKS PUISI KELAS VIII SMPN 14 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Widya Sari, 2022. Penerapan Metode VAK (Visual, Auditori, Kinestik) Pada
Pembelajaran Teks Puisi Kelas VIII SMPN 14 Palu, Skripsi, Program Studi
Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Seni,
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr.
Agustan, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sedikitnya perkembangan siswa atau
penurunan nilai yang dihasilkan oleh siswa di SMP Negeri 14 Palu yaitu masih ada
siswa yang nilainya masih di bawah nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang
ditetetapkan oleh sekolah yaitu ?75 (lebih dari 75), beberapa siswa juga
mengatakan mereka kesulitan memahami materi yang disampaikan oleh guru di
depan kelas, hal ini menyebabkan nilai semester siswa tidak banyak mengalami
perkembangan setiap semesternya yang mendapat nilai rata-rata ?80 (kurang dari
80). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran
VAK pada pembelajaran teks puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Palu. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah : 1) observasi, 2) wawancara, 3)
evaluasi, 4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu teknik analisis statistic deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
penerapan metode belajar VAK sangat efektif dalam meningkatkan kualiatas
pembelajaran siswa. berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa presentase hasil
rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 80.46 yang mencapai nilai KKM yang
ditetapkan oleh sekolah dan mengalami peningkatan dibanding sebelum
diterapkannya metode VAK dibuktikan dengan presentase klasikal belajar siswa
yaitu sebesar 99,4%. Namun pada penerapan metode VAK pada pembelajaran teks
puisi di kelas VIII SMPN 14 Palu mengalami kesulitan pada tahap awal penerapan
seperti kurangnya sarana dan prasarana, masih ada beberapa siswa yang kurang
memperhatikan, namun kesulitan seiring berjalan waktu siswa dapat menyesuaikan
dan mengikuti pembelajaran dengan metode VAK dengan baik. Dapat disimpulkan
penerapan metode VAK ini sangat efektif digunakan pada pembelajaran teks puisi
pada siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Palu.
Kata Kunci : Metode Visual, Auditori, Kinestik , Puisi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123227
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item