PENERAPAN MODEL INKUIRI BERBANTUAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SDN 3 SINDUE TOBATA KECAMATAN SINDUE TOBATA KABUPATEN DONGGALA

MUHAEMINA (2020) PENERAPAN MODEL INKUIRI BERBANTUAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SDN 3 SINDUE TOBATA KECAMATAN SINDUE TOBATA KABUPATEN DONGGALA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined] thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang (1) apakah pembelajaran model inkuiri berbantuan peta konsep dapatmeningkatkan aktivitas belajar IPA siswa KelasVI SDN 3 Sindue Tobata, (2) apakah model pembelajaran inkuiriberbantuan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas VI SDN 3 Sindue Tobata. Hipotesis yang diuji adalah: (1)Penerapan model inkuiri berbantuan peta konsep dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikutipelajaran IPA, (2) Penerapan dengan menggunakan model inkuiri berbantuan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA.Metode yang digunakan adalah model pembelajaran inkuri perbantuan peta konsep untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 3 Sindue Tobata. Pembelajaran difokuskan pada meteri pokok perpindahan dan perubahan energi listrik. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang di adaptasi dari model penelitian Kemmis dan Mc.Taggart yang mengimplementasikan dua siklus. Subjek penelitian adalahseluruhsiswakelas VI SDN 3 Sindue Tobata sebanyak24 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar tes awal, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes akhir tindakan. Hasil penelitian menujukkan bahwa:(1) terjadi peningkatanaktivitas siswa dengan persentase keberhasilan 65,47% pada siklus I dan peresentase keberhasilan 82,89 % pada siklus II, sedangkan (2) hasil belajar siswa pada siklus I dengan ketuntasan klasikal mencapai 83,33?n siklus II ketuntasan klasikal mencapai 91,67%. Hasil tersebut adalah akumulasi dari perolehan hasil belajar dua kali pertemuan pada setiap siklus, dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan medel pembelajaran inkuiri berbantuan peta konsep dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 3 Sindue tobata.

Kata kunci : Aktivitas, Hasil Belajar,Model Inkuiri, Peta Konsep

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_master' not defined])
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Sains
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123231
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item