SYARIFA (2021) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (KEPALA BERNOMOR BERSAMA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII A PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 2 TOJO BARAT. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Syarifa N. Lawani , 2021. “Penerapan Model Cooperative Learning tipe Numbered
Head Togother (kepala bernomor bersama) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Kelas VIII A Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Tojo Baratâ€. Skripsi, Program
studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing :
Drs. Imran, M. Si
Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII A
SMP Negeri 2 Tojo Barat, berdasarkan hasil tes awal tindakan yang dilaksanakan pada
tanggal 8 agustus 2020, kurang memuaskan dengan presentasi Daya Serap Klasikal
(DSK) 55,04?n presentasi Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) 28%, perolehan ini
belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70?n ketuntasan klasikal
80%. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa peneliti menerapkan model pembelajaran
Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (kepala bernomor bersama).
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat
tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian
ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Tojo Barat yang berjumlah 25 orang, yang
terdiri dari 10 laki-laki dan 15 orang perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar
aktivitas siswa dan aktivitas guru dan tes akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukan
bahwa aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Tes
akhir tindakan siklus I diperoleh presentasi Daya Serap Individu (DSI) 70%, Ketuntasan
Belajar Klasikal (KBK) sebesar 68%, presentasi Daya Serap Klasikal (DSK) 7I,04%.
Pada siklus II diperoleh presentasi Daya Serap Individu (DSI) 84%, Ketuntasan Belajar
Klasikal (KBK) 92%, dan presentasi Daya Serap Klasikal (DSK) sebesar 89,6%.
Berdasarkan indikator kinerja, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model
Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (kepala bernomor bersama) dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri
2 Tojo Barat.
Kata Kunci: Pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (kepala
bernomor bersama) Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan |
SWORD Depositor: | Users 0 not found. |
Depositing User: | Users 0 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 07:14 |
URI: | https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123239 |
Baca Full Text: | Baca Sekarang |