PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENDEKATAN STEM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA NEGERI 9 PALU

TRISA (2024) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENDEKATAN STEM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA NEGERI 9 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Trisa, 2024. “Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Pendekatan STEM Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 9 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing Afadil.

Pendekatan STEM adalah salah satu cara untuk menyatukan sains dan teknik serta kombinasi dari strategi dan implementasi dari pembentukan konsep dan penerapan ide dari pembelajaran sains. Pendekatan pembelajaran STEM dapat digunakan untuk menjawab permasalahan pendidikan di Indonesia. STEM dikembangkan dengan mengangkat isu keseharian ke dalam pembelajaran, dampaknya pembelajaran lebih bermakna karena siswa lebih tertarik dan merasakan manfaat dari belajar kimia dalam keseharian secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan hasil belajar siswa di SMAN NEGERI 9 Palu dalam penerapan model discovery learning berbasis pendekatan STEM. Sampel pada penelitian ini berjumlah 2 kelas yaitu siswa kelas XI Mipa 1 sebagai kelas kontrol dan Mipa 2 sebagai kelas eksperimen. Hasil belajar peserta didik dianalisis dengan menggunakan program SPSS Versi 29,0, dimana diperoleh nilai signifikansi dari analisis uji t adalah Nilai sig 2 sidet 0,03 < 0,05 maka berdasarkan kriteria penarikan keputusan pada uji hipotesis ditetapkan bahwa H_0 ditolak dan H_1diterima. Berdasarkan hasil yang diperoleh terdapat pengaruh pendekatan STEM terhadap hasil belajar materi Larutan Penyangga di SMAN 9 Palu.

Kata Kunci : Pendekatan STEM, Larutan Penyangga, Hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Library of Congress Subject Areas > L Pendidikan > Pendidikan Kimia
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123244
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item