PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MANUSIA DAN LINGKUNGAN BERBANTUAN KARTU PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PALU

ELISABET BETRICE VIANI MOKOPE (2022) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MANUSIA DAN LINGKUNGAN BERBANTUAN KARTU PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PALU. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Elisabet Betrice Viani Mokope, 2022. Penerapan Model Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Manusia Dan Lingkungan Berbantuan Kartu Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 PALU. Hasil Penelitian Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Yusdin Bin.M Gagaramusu.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Make a Match berbantuan kartu pada pembelajaran IPA materi manusia dan lingkungan kelas V SD Negeri 1 Palu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 PALU sebanyak 25 siswa. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasakan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 PALU. Hal ini dapat dilihat dari presentase ketuntasan belajar siswa, yaitu sebelum tindakan sebesar 48%, pada siklus I sebesar 76?n pada siklus II sebesar 92%, terjadi peningkatan hasil belajar dengan ketuntasan belajar sebesar 44% selah dilakukan tindakan siklus I dan siklus II.

Kata kunci : Hasil belajar, Model Pembelajaran Make a Match, Kartu, Mata Pelajaran IPA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123263
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item