PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN DI KELAS IV SD INPRES 1 BALINGGI

NI MADE ERMA WATI (2024) PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN DI KELAS IV SD INPRES 1 BALINGGI. Sarjana thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ni Made Erma Wati, (2024). Penerapan Model (PBL) Problem Based Learning
dalam Meningkatkan hasil Belajar PPKN di Kelas IV SD Inpres I Balinggi. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Sarintan N
Kaharu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PPKN siswa kelas IV
di SD Inpres I Balinggi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus
I dan berakhir di siklus II karena dinyatakan telah berhasil, Setiap siklus terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa
Kelas IV di SD Inpres I Balinggi yang berjumlah 15 siswa, terdiri dari 6 laki-laki
dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan ganda,
lembar observasi siswa dan guru, wawancara dan dokumentasi. Data pada
penelitian ini di ambil berdasarkan data hasil tes pretest dan posttest. Adapun hasil
analisis tes dilakukan pada siklus II, diketahui dari 15 orang siswa yang mengikuti
tes hanya 3 orang siswa yang tidak tuntas sehingga persentase ketuntasan belajar
klasikal mencapai 80%. Peningkatan hasil belajar ini tersebut telah mencapai
indikator yang ditetapkan yaitu KBK lebih dari atau sama dengan 75%, sedangkan
daya serap klasikal mencapai 85,13% yang juga telah mencapai indikator yang
ditetapkan yaitu DSK lebih dari atau sama dengan 75%. Berikut ini adalah uraian
peningkatan hasil analisis tes hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Siklus I
ketuntasan belajar klasikal 46,66% meningkat menjadi 80% pada tindakan siklus II
serta persentase ketuntasan daya serap individu pada siklus I 72,66% meningkat
menjadi 85,13% pada siklus II pada proses pembelajaran PPKn.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning; Hasil Belajar; Pembelajaran PPKn

Item Type: Thesis (Sarjana)
Commentary on: Eprints 0 not found.
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
SWORD Depositor: Users 0 not found.
Depositing User: Users 0 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:16
Last Modified: 06 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.untad.ac.id/id/eprint/123267
Baca Full Text: Baca Sekarang

Actions (login required)

View Item
View Item